Jumat, 19 April 2013

Fluida Hidrokarbon Minyak Berat (Black Oil)

MINYAK BERAT 

Minyak berat adalah Minyak yang banyak mengandung unsur Hidrokarbon atau Jenis fluida reservoir yang disebut low-shrinkage atau minyak biasa dari pada minyak ringan . Minyak Berat yang dicirikan memiliki rasio produksi gas-minyak awal 2000 scf / STB  atau kurang.
Contoh Minyak Berat
 Menghasilkan gas-minyak rasio akan meningkat selama produksi saat tekanan reservoir minyak turun di bawah tekanan bubble-ponit. Minyak stok-tank biasanya akan memiliki gravitasi bawah 45 API. 
Stock-tank gravitasi minyak akan sedikit menurun seiring waktu sampai akhir dalam kehidupan reservoir ketika akan meningkat. Minyak stok-tank sangat gelap, menunjukkan adanya hidrokarbon berat, sering hitam, kadang-kadang dengan balutan kehijauan, atau cokelat.


                   Diagram fase dari minyak berat yang khas dengan garis isotermal dari pengurangan tekanan reservoir, 123, dan kondisi permukaan separator)
Diagram fase dari minyak berat yang khas dengan garis isotermal dari pengurangan tekanan reservoir, 123, dan kondisi permukaan separator)

 Jika tekanan reservoir berada pada titik 2, minyak berada pada titik gelembung dan dikatakan jenuh. 
Minyak mengandung gas terlarut sebanyak itu bisa terus menerus. Penurunan tekanan akan melepaskan gas untuk membentuk fase gas bebas pada reservoir.
Kata undersaturated digunakan dalam pengertian ini untuk menunjukkan bahwa minyak bisa dilarutkan oleh gas lagi jika gas yang lebih banyak hadir.

2 komentar:

  1. kalau black oil yang berhubungan dg kimia hidrokarbon gimana?

    BalasHapus
  2. mas, dimana saya bisa menemukan minyak berat untuk dijadikan bahan penelitian thesis saya ?

    BalasHapus